image1 image2 image3

WELCOME TO Imam Code

Perekonomian Indonesia



Pembahasan masalah ekonomi berkembang menjadi pembahasan permasalahan manusia itu sendiri. Dengan kebutuhan yang tidak pernah habis manusia dibuat menjadi sibuk, kenyataan inilah yang mebuat manusia diliputi masalah-masalah ekonomi.

Dalam tulisan ini saya akan membahas sistem perekonomian Indonesia yang dibandingkan dengan dua sistem ekstern, yaitu kapitalis dan sosialis. Secara khusus dengan tulisan ini juga dapat memberikan gambaran umum perihal Sistem Ekonomi Pancasila, sebagai Sistem Ekonomi khas Indonesia, beserta Sistem Ekonomi Kerakyatan sebagai salah satu subsistemnya. Dalam tulisan ini saya juga akan menguraikan perlunya reformasi (sistem) ekonomi pasca krisis moneter 1997/1998. Krisis moneter tersebut telah menjadi bukti kuatnya daya tahan ekonomi rakyat di saat krisis. 

“Perekonomian Indonesia berdasarkan atas asas kekeluargaan.” Demikianlah kira-kira substansi pokok sistem perekonomian Indonesia paska kemerdekaan. Lalu apa hubungan substansi ini dengan dua aliran utama perekonomian dunia? Adakah korelasi sistem perekonomian Indonesia paska kemerdekaan ini dengan dua mainstrem tadi? Ataukah malahan, kapitalisme dan sosialisme sama sekali tidak berperan dalam melahirkan sistem perekonomian Indonesia?

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas ada baiknya kita cari tahu dahulu seperti apakah sistem perekonomian Indonesia. Dengan melihat seperti apakah sistem perekonomian Indonesia secara tidak langsung kita sedikit-banyak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar